Jakarta -
Es kopi Peach Americano menjadi menu populer di berbagai coffee shop untuk variasi kopi hitam plus sirup buah. Tim detikFood mencicipi buatan 4 coffee shop, bagaimana perbandingan rasanya?
Americano merupakan kreasi kopi hitam yang populer saat seseorang ingin minum es kopi tanpa campuran susu. Variasinya belakangan ini populer dengan tambahan sirup buah.
Peach Americano merupakan varian yang paling banyak ditemui. Kami mendapatkannya dari gerai Family Mart, Fore, Point Coffee, dan Tomoro Coffee. Menu peach Americano ditawarkan dengan harga berbeda, paling murah Rp 16.000 per gelas.
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Rasanya yang segar dengan sensasi manis asam fruity terasa nikmat. Rasa pahitnya juga sedikit tersamarkan, sehingga cocok untuk mereka yang ingin belajar menikmati Americano asli.
Tim detikFood mencoba es kopi Peach Americano dari 4 gerai tersebut. Ternyata, karakteristik rasa buatan tiap gerai berbeda!
Berikut ulasan 4 es kopi Peach Americano dari gerai yang berbeda:
1. Peach Americano (Family Mart)
Peach Americano dari 4 gerai berbeda Foto: Yenny Mustika/detikcom
Segelas Peach Americano dari Family Mart dibanderol harga Rp 16.000 untuk ukuran reguler. Harganya sangat terjangkau, cocok jika ingin berhemat.
Minuman ini berwarna pekat, karena antara kopi hitam dan sirup peach-nya sudah tercampur. Namun. Ketika mencium aromanya, sensasi buah peach (persik) itu masih terasa.
Ketika dicicipi, rasa pahit kopi yang paling pertama tersesap di lidah. Kemudian rasa buah peach itu perlahan muncul, tapi tidak begitu kuat. Untuk manisnya juga pas menurut kami untuk varian normal.
2. Iced Triple Peach Americano (Fore)
Peach Americano dari 4 gerai berbeda Foto: Yenny Mustika/detikcom
Fore juga memiliki menu Peach Americano yang populer. Namanya Iced Triple Peach Americano yang dibanderol Rp 29.000 per gelas reguler. Harganya bisa dibilang hampir dua kali lipat dari gerai Family Mart.
Peach Americano Fore ini warnanya sangat terang dibandingkan gerai lainnya. Kami juga sempat menanyakan kepada barista kalau penyajiannya ternyata dikocok terlebih dahulu sebelum dipindahkan ke gelas saji.
Jadi, sirup peach itu sudah menyatu sempurna dengan kopi hitam, serta es batunya. Saat kami mencicipinya, benar saja rasa pahit disertai manis peach langsung terasa di lidah pada sesapan pertama.
Rasanya juga begitu segar, karena dingin dari es batunya yang sudah merata. Sehingga memberikan sensasi refreshing ketika meminumnya.
3. Black Peach Iced (Point Coffee)
Kami juga mencoba Peach Americano dari gerai Point Coffee. Untuk menunya bernama Black Peach Iced yang dibanderol Rp 25.000 per gelas.
Kepekatan warnanya tak jauh berbeda dari Family Mart. Namun, porsinya gelasnya lebih besar Point Coffee. Sesapan pertama, sensasi pahit juga lebih terasa dibandingkan manisnya sirup peach.
Menurut kami, rasanya tak jauh berbeda dari Family Mart. Namun, rasa buah peach-nya lebih terasa di lidah.
4. Peach Americano (Tomoro Coffee)
Peach Americano dari 4 gerai berbeda Foto: Yenny Mustika/detikcom
Terakhir, ada peach americano dari Tomoro Coffee. Kami membelinya via ojek online dengan harga Rp 34.000 untuk ukuran medium.
Peach Americano ini terlihat memiliki layer warna berwarna kemerahan di bagian dasar gelas. Sementara bagian atasnya hitam pekat. Kami mengaduknya terlebih dahulu sebelum mencobanya.
Rasa kopi hitamnya terasa kencang juga di sesapan pertama, apalagi tipe Americano dari Tomoro ini dibuat dari biji kopi dark roasted. Namun, setelah disesap beberapa kali sensasi manis, asam, segar dari buah peach terasa nyaman di lidah.
5. Juara Es Kopi Peach Americano versi DetikFood
Jadi, setelah mencicipi 4 Peach Americano dari gerai berbeda, tim detikFood sudah memiliki pemenangnya. Menurut kami yang paling nikmat adalah Iced Triple Peach Americano buatan Fore.
Kami menyukainya, karena rasanya lebih seimbang. Rasa pahit dari kopinya langsung terasa menyatu dengan manis dari sirup peach. Sampai sesapan terakhir pun masih terasa nikmat.
Aroma peach-nya juga harum ketika dicium. Ini membuat sensasi menyesapnya lebuh nikmat. Tak heran jika menu kopi ini menjadi favorit banyak orang.
Kalau kamu suka buatan coffee shop apa?
Halaman 2 dari 2
Simak Video "Nongkrong Seru Tanpa Gadget, Mending Ngopi Sambil Photobox"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)